Breaking News
Loading...

Tuesday 21 February 2017

Proses pemilihan ikan cupang aduan untuk pelatihan

Ciri-ciri ikan cupang yang layak mendapatkan pelatihan yang khsusu

Proses pemilihan ikan cupang aduan untuk pelatihan


Di postingan saya kali ini, saya akan memberikan sebuah Tips tentang bagaimana cara melatih ikan cupang aduan agar menjadi ikan cupang aduan unggul di kalangan pecinta ikan cupang aduan.

Pelatihan ini meliputi empat faktor penting yang harus diperhatikan yaitu :
  • Keturunan Induk ikan cupang aduan yang berkualitas
  • Usia ikan 3-4 bulan
  • Belum pernah di adu / disandingkan dengan lawan tarung
  • Gerakan ikan dan bentuk tubuh/fisik ikan

DEFINISI


1. Keturunan Induk ikan cupang aduan yang berkualitas

Pada umumnya ikan cupang aduan unggul tidak luput dari pemilihan induk yang berkualitas, karena hal ini akan sangat mempengaruhi faktor keberhasilan pada tahap pelatihan ikan cupang aduan.

Asal usul indukan yang jelas tentu akan sangat menguntungkan kita sebagai hobies sekaligus peternak ikan cupang aduan, karena selain akan mempermudah keberhasilan pada proses pelatihan, bakat dan gaya tarung ikan sudah dapat kita ketahui bahwa ikan tersebut sudah layak untuk diberikan pelatihan yang khusus.


2. Usia ikan 3-4 bulan

Faktor usia ikan, tentu hal ini menjadi Point yang paling penting di antara faktor-faktor lainnya, cikal bakal ikan cupang aduan unggul bisa kita prediksi dari usia ikan 3-4 bulan,  di usia ikan yang sangat ideal ini tentu harus di manfaatkan dengan memberikan pelatihan yang khusus, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya kekalahan/bacul saat ikan sedang berada di arena pertarungan.


Berbicara mengenai pertarungan ikan cupang aduan di arena pertarungan, hal ini tidak luput dari pelatihan Fisik dan mental ikan cupang aduan, pada umumnya dengan usia ikan yang ideal tentu ikan cupang aduan memiliki sisik dan gigi yang utuh , dan memiliki gerakan tubuh yang masih lentur, hal ini akan sangat di perhitungkan ketika proses pelatihan berlangsung, karena proses pelatihan ikan cupang aduan memiliki tiga tahap yaitu, Pelatihan Fisik, Mental, dan Pernafasan. Jadi usia ikan sangatlah penting untuk diperhitungkan.


3. Belum pernah di adu/ bertarung

Pelatihan pada ikan cupang aduan akan sangat sia-sia jika ikan yang di beri pelatihan adalah ikan yang sudah pernah bertarung/di adu, pada umumnya ikan yang sudah pernah di adu/bertarung memiliki gigi dan sisik yang tidak utuh, tentu hal ini tidak masuk dalam kategori ikan cupang aduan yang layak untuk diberikan pelatihan yang khusus, karena tahap pertama dalam proses pelatihan meliputi pelatihan Fisik, ikan cupang aduan yang memiliki gigi dan sisik yang utuh akan sangat menjamin dalam keberhasilan proses pelatihan.

Ikan cupang aduan yang berhasil dalam proses pelatihan akan memiliki gigi dan sisik yang kuat, dan akan diperkuat dengan struktur tubuh yang memiliki stamina yang power full.


4. Gerakan ikan dan bentuk tubuh ikan

Sekarang kita perjelas mengenai gerakan pada ikan yang masuk dalam kategori ikan yang layak untuk diberikan pelatihan khusus, ikan yang layak untuk diberikan pelatihan pada umumnya memiliki gerakan yang lincah,agresif,dan stabil, hal ini tentu dapat kita lihat dan dapat dicermati dengan tingkah laku ikan yang bergerak naik turun saat sedang mengambil napas, ikan yang memiliki gerakan yang stabil tidak akan terburu-buru saat sedang mengambil napas di permukaan air, dan gerakan ikan yang lincah dan agresif dapat dilihat saat sedang pemberian pakan pada ikan, ikan cupang aduan yang memiliki sifat agresif dan lincah akan menghentakan tubuhnya saat sedang mengambil makanannya.

Ciri-ciri ikan cupang yang layak mendapatkan pelatihan yang khsusu

Kriteria khusus lainnya adalah pada bentuk tubuh ikan, yang pada umunya memiliki kepala yang besar,rahang yang kuat, sirip ekor lebar, dan sejajar dengan sirip atas dan bawah, serta ring bibir yang kuat, hal ini akan menjadikan modal pertahanan yang cukup dalam menghindari serangan lawan yang akan mengakibatkan serangan fatal pada ikan yang berujung pada kekalahan saat ikan sedang bertarung.

Jika dalam 4 kriteria di atas sudah di miliki pada ikan cupang aduan, selanjutnya masuk dalam tahap proses pelatihan.
=>  Pelatihan ikan cupang aduan agar menjadi gladiator di arena pertarungan.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page