Breaking News
Loading...

Sunday 4 February 2018

Menanggapi Komentar Yang Buruk Di Dalam Postingan Blog

Menanggapi komentar yang buruk di dalam postingan blog


Semua para bloggers pasti pernah mengalami dihujani hujatan yang di tulis dalam komentar yang dilontarkan oleh para visitor atau para pengunjung. Hal ini kerap sekali membuat hati para blogger tersinggung. Dalam kasus seperti ini kita sebagai pengguna blogger maupun wordpress harus pintar-pintar dalam menyikapi hal ini. Membalas dengan kalimat yang buruk tidak akan menyelesaikan masalah ini. Sedangkan di balas dengan kalimat baik pun semakin memperpanjang percakapan tersebut. Banyak faktor yang menyebabkan visitor menghujani hujatan buruk yang ditulis di dalam komentar. Lalu apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya hal demikian. Mari kita diskusikan masalah ini bersama.


CARA Menanggapi Komentar Yang Buruk Di Dalam Postingan Blog


1. Tindakan yang disengaja oleh para visitor atau para pengunjung


Terkadang para visitor atau para pengunjung melakukan hal ini secara sengaja untuk memberikan images buruk pada blog atau situs anda. Kesalahan yang terdapat di dalam postingan atau artikel yang anda buat di jadikan kasus oleh para visitor untuk melontarkan hujatan yang berujung rusaknya nama baik situs anda.
Untuk hal ini sebaiknya anda sebagai pengguna blogger ataupun wordpress untuk tidak menanggapi hujatan seperti ini, dan alangkah lebih baiknya anda menghapus komentar yang buruk, apalagi komentar tersebut tidak ada kaitannya dengan apa yang anda tulis di dalam postingan blog anda.


2. Visitor kurang memahami apa yang anda tulis di dalam postingan


Hal ini sedikit berbeda dengan apa yang sudah saya tulis di atas. Para visitor cenderung lebih memilih berkomentar dan menanyakan kepada anda secara langsung di dalam postingan, walaupun apa yang sudah anda tulis sudah anda buat dengan sejelas mungkin agar mudah dipahami oleh para visitor anda. Walaupun visitor tersebut bertanya dengan kalimat yang sangat kasar sebaiknya anda tetap menjawab komentar tersebut dengan penjelasan yang sangat jelas agar visitor tersebut mengetahui kesalahan yang di buatnya.
Hal ini memang sering dilakukan oleh para visitor yang malas untuk membaca. Karena tidak semua visitor suka membaca.


3. Tindakan jahil para visitor


Jenis visitor seperti ini sering sekali membuat lelucon di dalam komentar, karena ke isengannya tersebut membuat blog anda terlihat tidak professional. Untuk hal ini terkadang sangat sulit untuk di atasi, terlebih anda tidak memasang komentar anti-SPAM pada komentar blog anda. Gunakan anti-SPAm pada komentar blog anda, atau anda atur semua komentar secara manual, dengan kata lain anda hanya menyetujui komentar yang anda inginkan. Bila perlu block alamat IP visitor tersebut serta dengan text yang sering di tulis oleh visitor tersebut.


4. Pengguna komputer yang awam


Banyak sekali dari kita yang masih baru mengenal teknologi khususnya di dalam dunia teknologi komputer. Apalagi postingan yang anda tulis mengenai tutorial seputar teknologi komputer. Tidak heran jika banyak sekali visitor yang berulang kali menulis komentar aneh di dalam postingan yang anda buat.  Hal ini tidak lain tidak bukan karena kurangnya wawasan yang dimiliki oleh visitor tersebut. Anda sebagai seorang penulis sangat diwajibkan untuk mengarahkan secara jelas kepada visitor seperti ini, bila perlu layani visitor seperti ini sampai visitor tersebut benar-benar mengerti tentang tulisan yang anda buat.


5. Hacker


Banyak cara yang dilakukan oleh para hacker, mungkin saja hacker tersebut secara sengaja melakukan SPAMING di dalam komentar blog anda. Hal tersebut dilakukan oleh para hacker pemula untuk memasuki situs anda. Dalam kasus seperti ini lebih baik anda diskusikan di dalam forum yang membahas seputar hacker dan bagaimana aksi yang sering dilakukan oleh para hacker untuk menyususpi situs-situs yang menjadi targetnya.
Dan langkah yang perlu anda lakukan tentang hal ini sebaiknya anda menggunakan plugin yang berfungsi untuk memblockir IP yang mencurigakan. Plugin seperti ini hanya bisa digunakan oleh pengguna wordpress.org.
Namun jangan khawatir bagi anda pengguna blogger, karena blogger sangat sulit untuk diretas, anda hanya perlu memperkuat passowrd email anda, bila perlu gunakan fitur dua langkah pada gmail blogger anda.

Tidak banyak yang bisa saya sampaikan. Ini adalah rutinitas yang sering terjadi di dalam komentar pada blog atau situs. Semoga apa yang saya tulis ini memberikan pengetahuan yang baru untuk kalian semua.

Artikel Terkait