Breaking News
Loading...

Wednesday 7 June 2017

Tips Untuk Menulis Artikel Blog Yang Baik

Tips Atau Cara Untuk Menulis Artikel Blog Yang Baik Dan Berkualitas

Beberapa kumpulan tips ini akan membantu anda tentang segala hal untuk membuat sebuah artikel yang baik. Hal ini termasuk pengalaman pribadi dari diri saya sendiri.

Tips menulis artikel blog yang baik.


Menulis artikel tentu adalah hal yang utama yang dilakukan oleh seorang blogger sebelum mempublikasikannya, karena tanpa adanya artikel yang baik maka tidak ada pula kesuksesan di dalamnya.

Bagi para blogger pemula mungkin menulis sebuah artikel adalah hal yang mudah, namun untuk menulis sebuah artikel yang baik mungkin belum terlalu dikuasi dengan baik.

Banyak blogger pemula yang mengalami masalah dalam menulis suatu artikel yang baik dan berkualitas. Kebanyak dari mereka hanya dengan menulis sebuah artikel dan langsung mempublikasikannya tanpa melihat detail dari artikel tersebut sudah menjadi kebangga tersendiri,


Lalu apa saja keuntungan dari menulis artikel blog yang baik ?


Pastinya seorang blogger ingin sekali blognya di kunjungi oleh banyak visitor, namun agar dapat di kunjungi oleh banyak visitor tentunya kita harus memiliki sebuah artikel yang baik pula.
Jika artikel yang kita buat sudah mencakup seluruh kebutuhan visitor maka visitor tersebut akan betah berada di blog kita, dan tidak heran jika visitor tersebut akan kembali lagi mengunjungi blog kita. Karena konten atau artikel yang baik adalah sebuah kunci kesuksesan dari blog tersebut.


Apa saja kesalahan dari seorang blogger yang masih pemula ?


Biasanya kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang blogger yang masih pemula adalah kerapihan dari sebuah teks, paragraf, dan olah kata , seperti kurangnya pengaturan simbol-simbol seperti tanda (") dan lain sebagainya.


Lalu bagaimana untuk menulis sebuah artikel yang baik itu ?


1. Usahakan isi artikel cukup panjang, artikel yang panjang cenderung akan membuat visitor percaya kepada blog milik kita, dengan menulis artikel yang panjang akan membuat para visitor merasa yakin bahwa yang menulis artikel tersebut adalah orang yang ahli dan mengerti tentang apa yang sedang di tulis. Dan biasanya seorang blogger yang masih pemula merasa malas untuk menulis sebuah artikel yang panjang, dan ini adalah faktor-faktor penyebabnya.
  • Malas
  • Bingung
  • Kurangnya keterampilan dalam menulis sebuah kalimat atau kata
  • Tidak menguasa artikel yang sedang di tulis
  • Tidak biasa karena tidak terbiasa

Lalu bagaimana caranya agar kita sebagai seorang blogger yang pemula dapat membuat artikel yang panjang dan berkualitas ?
Sebenarnya artikel yang panjang adalah artikel yang mengandung sebuah informasi yang lengkap yang sudah mencakup seluruh informasi judul artikel tersebut.

Dan di bawah ini adalah tips-tips agar bisa menulis sebuah artikel yang panjang dan berkualitas :


1. Biasakan untuk menulis setiap hari


Biasa itu karena sudah terbiasa, Agar bisa membuat sebuah artikel yang panjang dan berkualitas dalam waktu yang singkat perlu adanya faktor kebiasaan dari diri kita, disaat sedang menulis tentu kita merasa bosan, karena kita tidak terbiasa akan hal itu, maka dari itu kita perlu membiasakan untuk memperbanyak dan rutin melakukan rutinitas menulis agar kita terbiasa


A. Sedikit improvisasi


Dalam menulis sebuah artikel anda harus sedikit berimproviasi sebelum memulai artikel lebih lanjut, namun ingat !! berimprovisasi sesuai dengan judul artikel yang di buat, hal ini akan mebuat anda lebih dekat dengan para pembaca, namun berimprovisasi yang berlebihan akan membuat para pembaca merasa jenuh, berimprovisasi itu seperti berbasa-basi sebelum menulis artikel lebih lanjut.


B. Informasi lengkap


Jika artikel yang anda tulis masih terlalu pendek, maka anda perlu mencari sebuah infromasi-informasi tambahan untuk melengkapi artikel yang sedang anda buat. namun ingat cari informasi tambahan yang sesuai dengan topik yang sedang anda bahas. Penjelasan yang detail dan informasi yang akurat akan membuat artikel kita terlihat berkualitas dimata visitor.


2. Artikel mengandung informasi yang dibutuhkan


Salah satu hal yang paling tidak disukai oleh para pengunjung adalah artikel yang di bahas tidak memberikan informasi yang cukup, informasi yang diharapkan oleh para pengunjung. Agar artikel yang kita buat disukai oleh banyak pengunjung tentu artikel tersebut harus mengandung banyak informasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung.

Jika perlu artikel yang anda buat haruslah detail dan sangat lengkap dibandingkan dengan artikel miliki blog lain. Karena jika artikel yang kita buat disukai oleh banyak pengunjung, tentunya artikel yang kita buat sudah pasti artikel bagus dan berkualitas.


3. Berikan gambar dalam sebuah artikel

.
Selain dapat mempercantik isi artikel, informasi gambar sangatlah mendukung faktor daya tarik tentang artikel yang anda buat, namun berikan gambar yang sesuai dengan topik yang sedang di bahas. Gambar yang tidak sesuai dengan topik artikel yang sedang anda buat dapat menurunkan SEO ( Search Engine Optimization ), dan dapat membut para pengunjung risih akan artikel yang anda buat karena penempatan gambar yang tidak sesuai dan juga tidak mengandung unsur informasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung.


4. Gunakan kalimat ejaan yang baik ( EYD)


Dalam menulis sebuah artikel anda harus menggunakan bahasa yang baik atau (EYD) Ejaan Yang Disempurnakan, gunakan bahasa yang umum dan universal yang mudah di pahami oleh para pembaca, bahasa yang tidak universal akan membuat para pembaca merasa bingung dan tidak mengerti dengan isi artikel yang kita buat. Tentunya hal ini akan menjadi sangat sia-sia, informasi yang anda berikan tidak mudah di pahami oleh para pembaca.


5. Buat tulisan yang rapih


Tulisan dan paragraf yang jelas akan membuat para pembaca merasa nyaman ketika sedang membaca, selain dari pada itu, tulisan yang rapih akan mempercantik isi artikel yang sedang kita buat, bayangkan saja jika seluruh tulisan yang anda buat tidak tersusun dengan rapih !! tentu hal ini akan membuat visitor merasa malas untuk membacanya, apalagi mau berlama-lama berada di dalam artikel yang anda buat. Jadi buatlah paragraf yang jelas dan rapih, agar para visitor merasa nyaman berlama-lama di dalam blog anda.


6. Jangan melakukan copy paste


Tindakan copy paste artikel milik blog lain adalah sebuah tindakan yang fatal, selain buruk dimata search engine, blog anda akan buruk di mata visitor, sudah jelas tindakan copy paste adalah tindakan seorang blogger yang malas, namun ingin mendapatkan sesuatu yang berharga dari blog yang di milikinya. Hilangkan pikiran untuk mengcopy artikel milik blog lain, jika anda tidak memiliki ide atau tidak memiliki sebuah konsep yang jelas untuk dijadikan sebuah artikel, lebih baik jangan memaksakan untuk membuat artikel. Buatlah artikel jika anda sudah memiliki konsep yang jelas tentang apa yang ingin anda tulis.


7. Gunakan simbol yang sesuai


Bayangkan saja jika dalam sebuah tulisan tidak memiliki titik (.) koma (,) tentu akan sangat memusingkan ketika membacanya, dan simbol itu bukan hanya titik (.) koma (,), banyak simbol yang bisa anda gunakan seperti petik dua (") tanda seru (?) tanda tanya (!) dan masih banyak lagi.

Fungsi dari variasi simbol yang anda berikan adalah agar para pembaca merasa artikel yang kita tulis sudah diperhitungkan dan ditulis oleh seorang penulis yang baik, selain dari pada itu dengan cara seperti ini akan membuat sebuah variasi terhadap artikel yang sedang anda buat.

Dan jangan lupa untuk menempatkan sebuah simbol pada tempatnya, jangan sembarangan untuk meletakan sebuah simbol, karena hal ini akan merusak tulisan yang anda tulis.


8. Lakukan blogwalking


Blogwalking adalah aktivitas menjelajahi blog lain, cari informasi tambahan untuk blog anda dengan melihat blog lain, cari apa yang tidak dimiliki oleh blog anda, sebuah informasi berharga bisa anda dapatkan dengan cara blogwalking, selain banyak manfaatnya anda juga bisa mendapatkan teman sesama blogger dengan melakukan blogwalking ini. Dan tentunya akan ada banyak manfaatnya untuk diri anda.


9. Sebaiknya menulis tentang apa yang kamu ketahui


Tulislah artikel yang sudah anda ketahui dan sangat anda kuasai, jika anda menulis sebuah artikel yang tidak anda kuasai maka akan ada banyak resiko yang kalian dapatkan, seperti tidak bisa menjawab komentar pembaca yang bertanya, karena anda tidak sepenuhnya paham dengan apa yang anda tulis.

Gunakan sedikit pengetahuan anda untuk kalian jadikan sebuah artikel, hal ini akan sangat lebih baik walaupun hanya sedikit pengetahuan yang anda miliki tentang apa yang sedang kalian tulis, dari pada anda sama sekali tidak paham dengan apa yang ingin anda tulis, hal ini yang memicu niat anda untuk mengcopy artikel miliki blog lain, karena anda tidak tau dan tidak menguasai tentang apa yang sedang anda tulis.


10. Mencari sebuah ide untuk dijadikan sebuah artikel


Tidak selamanya seorang blogger dapat menulis artikel bermodalkan pengetahuan yang ada di dalam dirinya, terkadang ada kala nya seorang blogger memerlukan sebuah ide yang akan ditulis untuk dijadikan sebuah artikel, yaitu sebuah ide yang terdapat di luar pengetahuan yang ada di dalam diri seorang blogger.

Gunakanlah media yang ada yang di dalamnya memiliki segundang informasi yang anda butuhkan, seperti Buku, Youtube, TV, Facebook, dan lain sebagainya. Media-media tersebut bisa anda jadikan sebuah informasi tambahan untuk membuka sebuah wawasan yang baru untuk diri anda. Dan tentunya anda akan menulisnya dengan bahasa anda sendiri, dan disajikan dalam bentuk tulisan yang berupa artikel atau konten.


Semoga informasi yang saya berikan ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman semua, jika di dalamnya terdapat kesalahan dalam bahasa,  kurang lebihnya mohon di maafkan.

Artikel Terkait