Breaking News
Loading...

Wednesday 1 March 2017

Proses Pemilihan Induk Ikan Cupang Aduan Yang Berkualitas

Proses pemilihan induk ikan cupang aduan yang berkualitas baik dan unggul meliputi banyak ciri-ciri khusus pada ikan cupang aduan yang unggul

Proses pemilihan induk ikan cupang aduan yang berkualitas - Penggemar ikan cupang aduan semakin hari semakin meningkat, baik itu dari kalangan bawah maupun kalangan menengah keatas.

Dalam mempertahankan kelangsungan hidup spesies ikan ini tentu hal ini tidak luput dari pemilihan induk yang berkualitas yang akan menjadikannya cikal bakal indukan ikan cupang aduan yang akan memiliki keturunan yang berkualitas baik.

Karena selain dapat di nikmati ke indahannya ikan Cupang tersebut cocok untuk dijadikan hewan penghias aquarium anda, walaupun ini adalah jenis ikan aduan, namun ke indahan warna yang dimilikinya tidak jarang seseorang akan menjadikannya sebagai penghias aquarium rumahan.

Ikan ini juga sering disebut ikan laga dengan nama latin Betta splendens, yang termasuk dalam family Anabantidae (Labirynth Fisher).

Ekor dan sirip ikan cupang ketika mengembang sungguh memikat para pecinta ikan hias, maupun ikan cupang aduan.

Warna yang dimiliki ikan yang biasa dikenal dengan ikan beta ini sungguh menarik, serta dalam pembudidayaan ikan ini juga tidak membutuhkan tempat yang luas, sehingga bisa dilakukan di sekitar perkarangan rumah yang tidak begitu luas.

Sebagian besar pecinta ikan jenis betta ini adalah anak-anak,dan orang dewasa namun banyak juga dari usia tua gemar sekali memelihara ikan ini selain untuk di adu ada juga yang memelihara untuk di budidayakan.

Untuk itu perlu pencermatan dan penelitian yang jelas untuk meminimalisir kegagalan dalam mendapatkan keturunan yang berkualitas dari hasil pemijahan ikan jenis betta ini.

Proses pemilihan induk ikan cupang aduan yang berkualitas baik dan unggul


1. Pilihlah calon indukan pejantan yang sudah sering unggul dalam petarungan.

Contohnya : Yang umumnya dibicarakan oleh para pecinta ikan cupang aduan.
1.    Ikan cupang adu belgi
2.    Ikan cupang adu bagan
3.    Ikan cupang adu medan
4.    Ikan cpang adu singapore
5.    Ikan cupang adu thailand
6.    Ikan cupang adu bangkok

Dan masih banyak lagi jika kita ingin mendalami tentang seluk beluk ikan cupang tersebut.

Umumnya yang dijadikan sebagai indukan cupang aduan unggul adalah ikan cupang adu jenis bagan , Karena ikan cupang jenis ini sudah sangat terkenal di kalangan pecinta ikan cupang aduan.


2.    Pilihlan ikan cupang adu pejantan yang belum pernah terserang penyakit.


Hal ini akan sangat memudahkan jika kita membelinya dari para hobies ikan cupang adu yang dapat dipercaya, atau dari para peternak ikan cupang aduan lainnya  yang sudah memiliki popularitas baik di antara pecinta iakn cupang adu lainnya.

Alangkah lebih baiknya ikan cupang aduan yang akan dijadikan indukan pejantan selalu dalam perawatan yang rutin, hal ini akan memberikan hasil keturunan yang sehat pada burayak yang telah lahir.

3.    Pilihlah ikan pejantan yang sudah memiliki umur diatas 8 bulan.

Umumnya para hobies dan peternak ikan cpang aduan lainnya memilih pejantan yang sudah berumur 12 bulan, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kegagalan pada saat proses perkawinan.

4.    Pilihlah ikan pejantan yang memiliki warna yang cerah.

Pejantan yang memiliki warna yang cerah baik dari segi warna di tubuh maupun disetiap sirip-sirip ekor ikan cupang aduan, namun umumnya untuk ikan cupang adu jenis bagan memiliki warna yang gelap (hitam pekat) hanya sedikit jenis warna dari ikan jenis ini,hijau hitam kelam,biru hitam kelam dan merah hitam kelam.

Biasanya setiap warna pada ikan cupang aduan memiliki ciri Khas gaya tarung yang di tampilkan saat pertarungan berlangsung.


Dan untuk jenis indukan betina yang akan kita pilih sebagai indukan unggul meliputi :


1.Pilihlan ikan cupang adu betina yang belum pernah terserang penyakit
 
Hal ini sudah dibahas dari kriteria indukan pejantan yang akan dijadikan sebagai indukan ikan cupang aduan unggul, pilihlah calon betina yang belum pernah terserang penyakit karena hal ini akan mempengaruhi sel telur yang sudah ada dan dimiliki  ikan betina ini sejak umur sudah mencapai 3 bulan.

Sebaiknya untuk indukan kita bisa membelinya sejak umur ikan baru mencapai 3 bulan, dengan proses perawatan yang kita lakukan akan lebih jelas asal-usul pertumbuhan ikan betina yang akan kita jadikan sebaigai calon indukan betina unggul.


2. Pilihlah calon indukan betina ikan cupang aduan yang sudah matang telur.

Rata-rata betina  ikan cupang aduan yang memiliki usia 8 bulan ke atas sudah matang telur, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kegagalan saat perkawninan sedang berlangsung, dan diharuskan usia betina ikan cupang aduan tidak melebihi umur dari pejantannya yang akan kita pilih sebagai calon indukan pejantan yang unggul.

Karena hal ini akan menyulitkan ketika proses perkawinan berlangsung, betina akan sulit diajak untuk bermulan madu oleh sang pejantan karena perbedaan umur yang jauh melebihi umur pejantan.

Namun kita bisa mempercepat proses pematangan sel telur tersebut dengan mengusahakan ikan betina selalu dalam kondisi yang baik (tidak setres) dengan rutinitas pakan yang cukup dan teratur,  kondisi air yang digunakan sudah memenuhi syarat hidup ikan cupang adu di habitat aslinya.

Bisa juga menggunakan air daun ketapang yang berfungsi untuk menetralkan PH air agar menjadi PH normal. Usahakan untuk memenuhi syarat hidup ikan cupang adu di Habitat aslinya.


3.    Pilihlah calon betina yang memiliki warna yang cerah.

Karena sebagian besar dari hasil perkawinan didominasi oleh warna dari indukan betina, tidak seperti indukan pejantan, indukan pejantan akan mewarisi bentuk tubuh dan pola sirip ekor ikan dan juga gaya bertarung yang dimiliki oleh sang pejantan.

Maka pilihlah indukan pejantan yang memiliki gaya bertarung yang baik .


"Di bawah ini adalah Ciri-ciri keberhasilan dalam pemijahan hasil perkawinan yang di didasari oleh Indukan yang berkualitas baik."

1.  Umumnya keberhasilan dalam pemijahan akan terlihat dari banyaknya burayak yang tetap hidup meski dalam kondisi iklim yang Extream sekalipun. Hal ini disebabkan oleh kesehatan Indukan saat proses perkawinan berlangsung maupun sebelum pemijahan dimulai.

2.  Banyaknya anakan burayak yang jantan ketika burayak sudah mencapai umur 3 bulan akan terlihat setiap jenis kelamin dari ikan terdebut, hal ini termasuk salah satu faktor dari Indukan ikan cupang adu yang memiliki kualitas baik.

3.  Dan tidak terhambatnya pertumbuhan burayak yang sedang dalam masa pertumbuhan, kita harus lebih memperhatikan burayak ketika umur burayak masih di bawah satu bulan, hal ini perlu perawatan EXSTRA untuk menghindari hal-hal yang buruk bagi pertumbuhan Burayak Ikan Cupang Aduan.

Hal ini juga disebabkan oleh faktor indukan yang pernah mengalami sakit yang memperngaruhi sel telur di dalam indukan betina, untuk itu pilihalah calon indukan yang belum pernah tererang penyakit.


"Dan di bawah ini adalah Ciri-ciri kegagalan dalam pemijahan hasil perkawinan yang di akibatkan kesalahan dalam pemilihan indukan cupang aduan."

1.  Minimnya burayak yang berhasil hidup dan keterhambatannya dalam pertumbuhan burayak ketika dalam masa pertumbuhan, hal ini juga bisa disebabkan dari pola pakan yang kurang teratur dan kondisi air yang tidak baik ( tidak memenuhi syarat hidup ikan cupang aduan di habitat aslinya )

2.  Sekalipun Burayak tetap hidup namun akan memperlihatkan ciri sikap ikan cupang aduan yang tidak wajar, yaitu mudah terserang penyakit, dan tidak memiliki mental yang bagus dikarenakan akibat kesehatan yang tidak terjamin. Dan lebih cenderung pucat jika terkena sinar matahari hal terjadi dikarenakan minimnya perawatan saat anakan burayak sedang berlangsung dalam masa pertumbuhan.

3.  Untuk itu Faktor Pemilihan Indukan sangatlah penting bagi kelangsungan keturunan ikan cupang aduan yang di inginkan.


Jika hal ini sudah kita persiapkan lanjut untuk proses pengenalan antara pejantan dan betina yang akan kita jadikan sebagai calon indukan unggul.

Artikel Terkait