Breaking News
Loading...

Friday 27 October 2017

Pilih Blogger Atau Wordpress

Pilih Blogger Atau Wordpress

Pilih Blogger atau wordpress !! Hmm .. Blogger dan Wordpress adalah platform yang saat ini banyak digunakan oleh banyak pengguna, masing-masing platform tersebut memiliki banyak kekurangan dan kelebihannya masing-masing, untuk keterangan lebih jauh dalam kekurangan dan kelebihan dari masing-masing patform akan saya jelaskan secara terpisah.


Pilih Blogger atau Wordpress


Jika saat ini kamu sedang dilema dalam memilih platform mana yang akan kamu pilih dan akan kamu kembangkan sebaiknya kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu saat ini. Jika kamu ingin membuat sebuah blog khusus untuk menulis sebuah artikel original lebih baik kamu menggunakan blogger sebagai platform nya.

Namun jika kamu ingin membuat sebuah blog yang sedikit lebih nakal, saya sarankan untuk memilih wordpress.org sebagai platform nya. Baiklah disini saya akan menjabarkannya secara santai, dan ini merupakan pengalaman saya pribadi tentang menggunakan wordpress.org dan blogger.


Pengalaman saya selama menggunakan Blogger


Waktu pertama saya memulai kegiatan blogging saya tidak tau apa saja sanksi yang akan saya dapatkan jika saya melakukan pelanggaran terhadap blog yang saya kelola. Ternyata banyak sekali hal-hal yang harus kita perhatikan jika kita menggunakan blogger. Mulai dari konten yang ditulis, template yang digunakan dan itu semua bisa menjadi BOM waktu yang akan meledak di kemudian hari.

Dibawah ini saya akan ceritakan kepada anda apa saja yang sering di lalui oleh seorang blogger menurut versi dan pengalaman saya.


Perhatikan konten yang akan kamu tulis


Tulislah konten yang sesuai dengan kebijakan google, tentu saja kamu tidak ingin jika blog yang sudah lama kamu kelola dan sudah memiliki banyak visitor tiba-tiba terkena DMCA ( Digital Millenium Copyright Act ) dengan kata lain adalah sebuah sanksi perlindungan terhadap hak cipta atau terjadinya duplikat konten dari blog lain, ataupun pembajakan seperti halnya album lagu yang begitu banyak disebarluaskan di media hosting untuk bebas di download dan lain sebagainya.

Untuk itu sebelum kita mengembangkan blog dari platform blogger lebih jauh alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa saja peraturan yang di berikan oleh goolge tentang kontent yang boleh dimuat dalam patform blogger. Jika kamu ingin membuat sebuah blog khusus untuk tulisan sebaiknya gunakan saja blogger, yang terpenting apa yang kamu tulis tidak menyangkut unsus-unsur yang mengarah kepada konten yang dilindungi ataupun kontent yang berbau pornografi.

Jangan takut untuk menggunakan blogger jika blog yang kamu kembangkan berisi konten yang oiriginal, atau dengan kata lain kontent yang tidak melanggar seperti yang suda saya jelaskan di atas.


Kenapa takut untuk menggunakan Blogger


Siapa saja yang merasa takut untuk menggunakan blogger itu semua karena konten yang di tulis adalah konten yang dilarang di muat oleh platform blogger. Banyak pengguna blogger yang merasa cemas akan blog nya yang kapan saja akan terkena DMCA atau suspended.

Jelas saja merasa takut, karena konten yang ditulis sudah jelas-jelas SALAH dan melanggar.

Biasanya google akan memberikan peringatan sebelum melekukan sanksi tegasnya yaitu mengirimkan sebuah email yang memberitahukan bahwa konten yang anda tulis tidak dapat dibagikan secara public dan akan masuk ke dalam draft di dalam dashboard blogger anda.

Jika sudah terdapat 5 ( lima ) email yang masuk dengan permasalahan yang sama maka blog anda akan langsung terkena suspend. Jika sudah jelas-jelas anda ingin menulis konten yang nakal sebaiknya dari awal sudah menggunakan wordpress.org. Jangan menggunakan Blogger. Itu semua demi kebaikan anda.


Blogger itu murah dan mudah


Blogger itu murah dalam arti kita tidak memerlukan biaya yang banyak untuk membuat sebuah blog. Tentunya hal ini bisa di manfaatkan sebagian orang yang memiliki modal sedikit untuk membuat sebuah blog ata web.

Murah bukan berarti murahan yaaa.

Saya rasa membangun sebuah blog dari blogger itu memang benar-benar murah, bahkan gratis. Kalian hanya membutuhkan sebuah domain TLD, dan harganya pun cukup murah untuk pertahunnya. Untuk hostingnya kalian tetap bisa menggunakan hosting dari blogger yang sangat terjamin, hampir tidak pernah down. Tentunya sangat berbeda dengan hosting berbayar lainnya seperti pengguna wordpress.org.

Untuk persiapan template blog kalian bisa mendapatkannya secara gratis di internet, namun jika kalian ingin memiliki sebuah template blog versi premium kalian bisa mendapatkannya dengan harga yang jauh lebih murah di bandingkan dengan template atau theme wordpress.

Bagaimana menurut anda !!  Murah bukan !!!.

Lalu kenapa saya katakan mudah !!. Yahh seperti yang kita ketahui untuk membuat sebuah blog dari blogger sangatlah mudah, kita tidak perlu repot-repot untuk setting server dll. Karena kita sepenuhnya menggunakan hosting dari blogger, berbeda dengan pengguna wordpress.org kita harus bisa dan cukup paham dengan seluk beluk hosting.

Untuk edit template blogger juga cukup mudah, dan sangat banyak tutorial yang di jabarkan oleh blog-blog lain. Jadi blogger juga keren, jangan khawatir untuk menggunakan blogger sebagai hosting dari blog kamu.


Apakah pengguna Blogger bisa mendpatakan Uang ?


Sudah jelas bisa !!

Kamu tetap bisa menayangkan iklan untuk blog blogger kamu. Yang terpenting kamu sudah paham dengan seluk beluk penayangan iklan yang akan kamu tayangkan. Karena ada beberapa penyedia iklan yang tidak ingin iklannya disandingkan dengan iklan tertentu.

Jadi saran saya untuk masalah penayangan iklan sebaiknya kamu harus hati-hati dan teliti. Karena ini urusannya UANG, Uang itu sensitif. hehe

Ada Yang Bilang Bahwa Pengguna Blogger itu Sangat Sulit Untuk Mendapatkan Banyak Visitor

Kata siapa !!

Semua itu tergantung dari apa yang kamu sajikan di blog kamu, jika kamu menulis konten yang banyak di cari oleh orang lain kemungkinan besar blog blogger kamu banyak dikunjungi oleh pengunjung.

Yang terpenting setiap kamu membuat artikel jangan lupa langsung submit url ke Bing Ataupun Google Webmaster tool agar artikel yang kamu buat bisa langsung di tampilkan di mesin pencarian google dan microsoft.

Namun untuk pengguna blogger memang tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan teknik SEO dalam postingan. Hal ini berbeda dengan pengguna wordpress.org yang bisa melakukan banyak hal untuk membuat postingan kamu masuk dalam kategori GOOD SEO.

Jadi untuk visior itu hanya masalah waktu dan konten yang kamu buat. Tidak ada kaitannya dengan pengguna blogger.


Pengguna Blogger itu aman


Kenapa saya katakan AMAN !!. Karena kamu hanya perlu memperkuat password email kamu atau buat verifikasi 2 langkah untuk login ke email kamu agar sulit untuk terkena hack.

Jadi kuncinya hanya ada di password email kamu untuk mengamankan blog yang kamu miliki agar tidak terkena hack. Hal ini jauh berbeda dengan pengguna wordpress.org yang setiap saat bisa terkena hack. Belum lagi dengan virus yang masuk ke dalam database wordpress. Huu ribet dah pokoknya.

Jadi blogger itu AMAN.

Dan ini adalah pengalaman saya pribadi saat menggunakan blogger.

Oke kita lanjutkan berbicara mengenai pengalaman saya selama menggunakan wordpress.org


Pengguna Wordpress.org bebas untuk menulis konten


Seperti yang kita ketahui wordpress.org itu berbayar alias tidak gratis. Kita harus bayar hosting setiap bulan, dan kita bisa memilih penyedia hosting mana yang memberikan kebebasan tentang konten atau artikel yang akan kita muat untuk blog kita.

Jadi kita akan merasa aman tentang konten yang akan kita buat, seperti blog download film, software, mp3, dll. Asalkan jangan blog B***P yah .. hehe maaf sensor sedikit.

Jika kita pengguna blogger sudah jelas-jelas akan kena sikut oleh google karena membuat konten yang sedikit nakal ini. Nakal namun banyak memberikan manfaat untuk banyak orang, saya rasa itu fine dan berguna.

Jadi untuk kalian yang ingin membuat konten yang sedikit nakal sebaiknya gunakan wordpress.org demi kelangsungan blog atau situs kalian.


Menggunakan Wordpress.org itu mahal


Kenapa saya katakan MAHAL !! . Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kita harus bayar sewa hosting untuk tiap bulannya, atau kamu bisa langsung sewa hosting untuk 1 tahun.

Memang ada hosting yang murah yaitu hosting unmanage, kalian bisa mendapatkan hosting unmanage dengan harga 80 rb perbulan dan itu sudah mendapatkan 1 GB RAM. Dan ini hanya berlaku untuk kalian yang sudah benar-benar pintar dan paham dengan yang namanya VPS.

Namun untuk kalian yang tidak mengerti sama sekali dengan yang namanya VPS kalian bisa menggunakan VPS yang full manage, yang artinya kalian bisa mengudarakan situs kalian tanpa perlu setting sana setting sini. Intinya dengan VPS full manage hosting kalian sudah siap pakai. Dan harga yang di tawarkan oleh VPS full manage ini sekitar Rp. 350 .000 perbulan untuk RAM 1 Gb.

Bayangkan betapa mahalnya. Bagaimana untuk kalian yang belum memiliki penghasilan dari situs yang sedang kalian kelola !!!. saya rasa anda akan memerlukan modal yang lebih banyak selama situs kalian belum dapat menghasilkan uang.

Jadi kalian harus benar-benar pintar dalam bertindak. Ambil keputusan yang sesuai dengan tujuan anda. Jika memang perlu menggunakan wordpress.org kenapa TIDAK!!.


Blog wordpress itu rawan terkena hack


Memang benar !!! blog wordpress itu sangat rawan terkena hack, berbeda dengan pengguna blogger yang selalu menggunakan account email untuk mengakses blog yang di kelola.

Saya pernah punya pengalaman dalam menggunakan wordpress, saat itu saya baru menggunakan wordpress selama 2 minggu. Namun apa yang terjadi !! situs saya langsung dimasuki oleh orang-orang jahat. Password dan username berubah. Karena saya memiliki backup dari database wordpress saya jadi saya hanya perlu melakukan restore database wordpress saya.

Kalian bisa menambah pengetahuan tentang cara memperkuat blog wordpress kalian dari serangan para hacker nakal. Tenang saja hal ini bisa di antisipasi, kalian hanya perlu berhati-hati dan waspada.


Apakah pengguna wordpress.org bisa mendpatakan Uang ?


Jelas bisa!!

Hal ini tidak jauh berbeda dengan pengguna blogger, banyak iklan yang bisa di pakai untuk blog wordpress kamu sebagai penghasilannya, walaupun konten yang kamu buat sedikit nakal. Hehe
Jadi jangan khawatir tentang hal ini, banyak cara untuk menambah penghasilan blog wordpress kamu.

Jadi inilah yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman semua, mungkin di lain waktu artikel ini akan saya edit sesuai dengan pengetahuan yang saya dapat dari pengalaman saya selama menjadi seorang blogger.

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan.

Artikel Terkait