Breaking News
Loading...

Wednesday 20 September 2017

Tips Merawat Komputer Atau Laptop Tanpa Software

Tips Merawat Komputer Atau Laptop Tanpa Software - Sehubung dengan rutinitas di depan komputer yang amat padat sampai-sampai saya dendiri-pun lupa untuk melakukan perawatan pada komputer atau laptop yang sering saya gunakan. Tentunya hal ini akan mengurangi performa pada komputer atau laptop yang sedang saya gunakan, sehingga kinerja komputer akan semakin terasa lambat atau lemot.

Berikut ini ada beberapa tips yang sering saya lakukan untuk melakukan perawatan pada laptop atau komputer yang sering kita gunakan,  dan cara ini termasuk cara sederhana yang sangat efektif, mudah, dan jauh dari resiko kerusakan pada operating system yang kita gunakan.


Tips Merawat Komputer Atau Laptop Tanpa Software


Pertama kita harus membersihkan file-file sampah yang mengendap di dalam drive C pada komputer kita.

Klik kanan pada drive C, lalu pilih properties.

Maka akan tampil seperti ini.



Lalu pilih, Disk Cleanup, dan tunggu sampai proses scanning-nya selesai.
Jika sudah selesai maka akan tampilan keterangan seperti berikut ini.





Ini adalah beberap junk file yang berapa di Recycle bin dll, silahkan klik Cleanup system files, dan tunggu sampai proses scanning-nya selesai.




Maka akan semakin banyak file-file sampah yang ditemukan pada drive C windows kita, baik itu dari sisa windows update dll.

Lalu klik OK, dan delete files.
Dan jangan lupa juga ceklist setiap file yang ingin di hapus.

Pembersihan pada drive C windows kita sudah kita lakukan tanpa software tambahan, dan sekarang drive C di dalam komputer kita sudah sedikit lebih sehat dan menambah ruang drive yang tersisa.


Lakukan Defragment Pada Hardisk



Dan selanjutnya kita akan melakukan Defragment pada setiap partisi hardisk komputer kita.

Klik kanan pada drive C, lalu pilih properties. Pilih Tools dan Optimize, maka akan tampil keterangan seperti berikut ini.



Lalu klik Optimize lagi dan lakukan optimize pada setiap partisi hardisk komputer anda.
Dan tunggu sampai prosess defragment-nya selesai.

Waktu penyelesaian tergantung dari seberapa banyak file yang berada di dalam hardisk anda, dan anda dapat melakukan hal seperti ini 3 kali dalam satu bulan.


Masih ada satu hal lagi yang harus kita lakukan, Klik kanan pada Windows ada lalu masuk ke system. seperti ini tampilannya.

Lalu silahkan pilih system protection, klik configure...



Jika ada keterangan current usage yang terpakai silahkan klik delete. itu adalah beberapa file backup yang tidak penting yang tersimpan di dalam system windows anda. Hal ini akan menghemat ruang hardisk pada partisi drive C komputer anda.

Jika sudah di hapus maka selesai pula tugas anda.

Begitulah cara melakukan perawatan pada komputer yang sangat sederhana dan tentunya efektif untuk membuat performa windows kita semakin jauh lebih baik. Dan jangan lupa Restart komputer anda untuk memaksimalkan hasil defragment dan pembersihan pada junk file yang mengendap di dalam file windows anda.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait