Breaking News
Loading...

Monday 1 January 2018

Sebelum Berlangganan Indiehome Baca Ini

Sebelum Berlangganan Indiehome Baca Ini


Hallo sahabat-sahabat semua di dalam artikel yang saya buat kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang pengalaman saya selama 2 tahun sebagai pengguna Indiehome non-fiber sampai ke fiber optic.

Pemasangan Indiehome tidak dikenakan biaya sama sekali. Dan pembayaran akan di mulai setelah 1 bulan berlangganan paket indiehome. Info pembayaran akan di kirimkan melalui nomor handphone yang anda daftarkan. Dan untuk pembayarannya bisa anda lakukan di Indomaret ataupun alfamart yang memiliki kerjasama dengan telkom. Atau anda bisa datang langsung ke kantor telkom terdekat untuk melakukan pembayaran.

Untuk pemasangan Indihome akan dikenakan pembayaran apabila kabel yang di pasang lebih dari 100m. Artinya jika rumah anda sangat jauh dari jangkauan tiang telpon maka kemungkinan kabel yang diperlukan untuk pemasangan akan lebih panjang. Dan dari Telkom sendiri menyediakan kabel sepanjang 100m. Jika kabel tersebut tidak cukup maka anda di wajibkan untuk membayar biaya kabel tambahan.



Persayaran untuk berlangganan Indiehome


Persyaratan untuk berlangganan Indiehome tidak begitu merepotkan. Anda hanya perlu memberikan Foto copy KTP dan nomor handphone yang bisa dihubungi. Dan selanjutnya akan diproses untuk pemasangan dan instalasi jaringan.


Paket apa saja yang di sediakan oleh Telkom IndieHome


Untuk hal ini saya tidak berani memberikan keterangan tentang harga paket yang di tawarkan oleh Indiehome. Untuk harga paket bisa berubah-ubah dan harga paket berbeda-beda di setiap daerah.  Dan untuk kalian yang sangat ingin berlangganan Indiehome saya sarankan gunakan paket Netizen DUO PLAY. Artinya paket ini terdiri dari dua paket yaitu internet dan USE TV.

Para teknisi IndieHome tidak akan menyebutkan tentang paket ini jadi saya sarankan anda sendiri yang menanyakan tentang paket Netizen DUO Play ini.  Harga paket ini tergolong sangat murah yaitu di bawah Rp.300.000, ( Tiga ratus ribua rupiah) per bulan. Dengan paket internet 10mbps dan Use Tv. Unlimited non-Quota. Jadi saya sarankan anda mengunjungi kator telkom terdekat untuk menanyakan tentang paket yang di sediakan di daerah tempat anda tinggal.


Jaringan Fiber Optik


Untuk saat ini Telkom tidak lagi menyediakan jaringan non-Fiber optik. Untuk pemasangan baru para konsumen harus memasang jaringan fiber optik beserta paket yang ada di dalamnya. Seperti yang kita ketahui untuk paket fiber optik minimal harus memasang paket 10mbps. Dan harga yang di tawarkannya tidak ada yang di bawah Rp.300.000, ( Tiga ratus ribua rupiah) per bulan.  Jadi jika anda ingin sedikit berhemat saya sarankan untuk menggunakan paket Netizen DUO PLAY. Artinya paket ini terdiri dari dua paket yaitu internet dan USE TV tanpa quota telpon ( Tidak memasang telpon rumah ).


Kinerja para teknisi IndieHome


Dari pengalaman saya selama 2 tahun berlangganan Indiehome dan saya menyimpulkan untuk kinerja para teknisi indiehome tidak semua dari mereka bekerja dengan sungguh-sungguh. Mereka bekerja dengan banyak keluhan. Dan keluhan yang mereka rasakan terkadang di lampiaskan ke para pelanggan indiehome.  Artinya anda harus pinter-pinter mengambil hati para teknisi indiehome agar mereka tidak merasa kapok ketika sedang memperbaiki masalah pada gangguan internet di rumah anda.


Suka duka menjadi pelanggan IndieHome


Banyak suka dan duka selama saya berlangganan indiehome. Untuk gangguan internet sendiri tidak begitu sering terjadi namun ada hal aneh yang saya rasakan tentang Telkom IndieHome ini. Dulu saya memasang paket indiehome non-fiber optik dengan paket 1mpbs beserta Use TV. Dan saya sendiri tidak tahu paket apa yang saya gunakan pada saat itu. Dan harga per bulan yang harus saya bayar Rp.280.000 ( dua ratus delapan puluh ribu rupiah ). Kadang lebih dan kadang juga murah di bawah Rp.280.000 ( dua ratus delapan puluh ribu rupiah ). per bulan.

Kecepatan download yang saya dapatkan pada saat itu sekitar 190Kbps. Dan berjalan normal sampai 6 bulan. Pada saat itu saya memiliki masalah yaitu kecepatan download yang biasanya saya dapatkan 190Kbps. menjadi 100Kbps. dan sangat lemot dan sangat kurang untuk kebutuhan saya.  Akirnya setelah saya biarkan 1 minggu berlalu dan saya sudah yakin bahwa ini adalah masalah serius saya langsung menghubungi pihak 147 meminta untuk perbaikan internet.

Hasilnya sangat membingungkan. Para teknisi Indiehome tidak menemukan masalah pada internet dirumah saya. Saya hubungi 147 tetap saja tidak memperbaiki masalah interent dirumah saya. Yang ada malah saya selalu mengeluarkan uang untuk membeli pulsa yang akan saya gunakan untuk menghubungi  147.

3 kali diperbaiki dengan petugas telkom yang berbeda tidak ada satupun dari mereka yang menemukan masalah pada internet dirumah saya. Dan pada akhirnya saya pasrah untuk tetap membiarkan kecepatan internet saya berkurang menjadi 100Kbps. Saya merasa sangat ngotot harus diperbaiki karena sebelumnya saya mendapatkan kecepatan internet 190kbps untuk kecepatan download. Saya download via google drive. Seperti yang kalian ketahui google drive salah satu tempat download terbaik yang pernah ada sekaligus tempat mengukur kecepatan download internet yang kita gunakan. Test speed global tidak efesien untuk mengukur kecepatan download intenet yang anda gunakan.

Akhirnya saya putuskan untuk upgrade paket ke 3 Mbps dengan harga Rp. 390.000 per bulan. Karena pada saat itu saya hanya disediakan paket paling murah dengan harga Rp. 390.000 per bulan. Saya masih menggunakan PAKET LAMA sebelum fiber optik.

Dengan paket 3 Mbps saya mendapatkan kecepatan download 650 Kbps. Namun kabel dirumah saya sudah menggunakan yang fiber optik. Hanya paket nya saja yang masih menggunakan paket yang
lama.

Dan pada akhirnya gangguan yang semula saya dapatkan kini terjadi lagi. Kecepatan download yang saya dapatkan semula 650 Kbps. kini menjadi 400Kbps. Saya sudah melaporkan pihak 147, datang ke kantor telkom, sampai petugas sudah datang dan mengecek internet dirumah saya. Hasilnya mereka tidak menemukan masalah.!!

Yang ada malah saya ditertawakan oleh petugas telkom. " Kalau pengen bagus kecepatan internet nya yah pakai paket yang mahal donk " itu adalah kalimat yang di lontarkan oleh pihak telkom kepada saya. Dan rasanya sangat menyakitkan.

Saya heran kenapa paket yang saya dapatkan berkurang seperti itu. Jika memang paket 3mbps yang saya gunakan mendapatkan kecepatan download 400kbps kenapa tidak saya rasakan saat pertama kali saya menggunakan paket tersebut. Saya mulai kehilangan kecepatan internet setelah 6 bulan berjalan sama seperti waktu saya masih menggunakan paket 1mbps yang semula kecepatan download 190Kbps menjadi 100kbps.  dan tidak mendapatkan perbaikan sampai akhirnya ssaya mengalah untuk upgrade paket yang pada akhirnya saya harus menambah uang yang lebih banyak untuk bayar biaya internet per bulan.

Jadi kesimpulannya  memang pada dasarnya para petugas indiehome bekerja tidak dengan sepenuh hati. Mereka bekerja sesuai dengan apa yang mereka ingin lakukan. Bukan sesuai dengan aturan. Dan pada akhirnya saya pasrahkan hal ini. dan 400kbps yang saya dapatkan yang semula dari 650Kbps kecepatan download.

Jadi inilah yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman semua. Jika di antara kalian ada yang ingin berlangganan Indiehome saya sarankan sebaiknya pikir matang-matang dan tanyakan langsung ke kantor telkom pusat. Tanya dengan sejelas-jelasnya dan pahit-pahit dalam berbicara. Karena kita ini konsumen yang dikenakan biaya per bulan. Jadi wajar kalau kita mengingkan yang terbaik untuk uang yang sudah kita keluarkan tiap bulannya.

Artikel Terkait